Kolaborasi Daring Bikin Pusing

Pengantar: Tulisan ini merupakan tugas kuliah Wikipedia Indonesia. Bertindak sebagai dosen adalah Gombang :P. Tugas kali ini adalah menulis dengan tema “Kolaborasi Ideal di Wikipedia Menurut Saya”.

Internet yang semakin menjejaring (maksudnya sudah menjalar ke mana-mana) memunculkan teknik kolaborasi baru. Kolaborasi online, atau dalam bahasa Indonesia-nya kolaborasi daring.

Salah satu kolaborasi daring yang terjadi adalah kolaborasi dalam menulis ensiklopedia. Interaksi daring bagi sesama wikipediawan/wati (sebutan bagi para mereka yang berkontribusi pada wikipedia) berbeda. Maksud saya berbeda di sini adalah tidak sama dengan interaksi daring sesama narablog, forum atau milis.

Menurut saya barangkali yang paling bisa mendekati interaksi daring wikipediawan/wati adalah para pengembang F/OSS. Mengapa interaksi daring ini bisa berbeda?

Hasil akhir tujuan kolaborasi di wikipedia adalah menyajikan informasi kepada publik sebaik & seakurat mungkin. Lantas kalau begitu, apakah wikipedia merupakan portal berita? Bukan kan. Portal berita memiliki wartawan yang memang digaji untuk melakukan liputan. Lalu bagaimana dengan Wikipedia? Waduh mungkin saya salah.

Yang jelas interaksi daring wikipediawan/wati tentu lebih serius dibanding interaksi blogger. Topik diskusi tentu berkaitan dengan isi wikipedia atau hal-hal teknis. Berinteraksi di mediawiki (sebagai engine) wikipedia tidak sama dengan interaksi bagi para blogger. Jika para blogger cukup saling tinggal-meninggalkan komentar, di wikipedia bentuk interaksi daringnya akan lebih rumit.

Saya jadi ingat saat terjadi kali pertama perubahan di halaman pengguna saya. Ada apa ini, kok ada kelap-kelip gambar amplop? Kenapa ini? Ternyata pengguna wikipedia lain baru saja membuat perubahan di halaman pembicaraan saya.

Jadi yang ingin saya katakan, faktor teknis menjadi faktor pertama yang perlu diperhatikan untuk menuju kolaborasi ideal.

  • Bagaimana cara memantau perubahan di warung kopi? Apakah saya harus selalu membuka secara manual perubahan di warung kopi untuk mengetahui apakah ada orang lain yang menanggapi diskusi saya?
  • Bagaimana mengarsipkan halaman pembicaraan?
  • Apa itu proyek Wiki? Siapa saja yang akan berkontribusi? Apakah proyek Wiki ini masih aktif atau tidak?
  • Bagaimana cara saya memberikan suara terhadap voting? Bagaimana cara saya mengetahui sedang ada voting apa saja sekarang?

Hal-hal teknis ini merupakan prasyarat walau kemampuan teknis bisa dipelajari seiring waktu yang berjalan. Perlu diingat, semakin rumit dari sisi usability berarti semakin banyak waktu yang diperlukan seseorang. Ini akan berakibat pada sejauh mana waktu yang dialokasikan para wikipediawan/wati untuk berkontribusi.

Kedua, para pengguna perlu lebih berinteraksi sesama mereka yang memiliki minat yang sama. Misal kontributor dalam bidang biologi, perlu lebih mengenal kontributor lain yang suka dalam bidang biologi juga. Saya sendiri sempat menyatakan bergabung dengan mereka yang berminat pada bidang komputer. Tapi sampai sekarang, interaksi saya dengan mereka masih bisa dihitung dengan jari. Pendek kata: gak kompak.

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, kolaborasi yang bisa dibilang mendekati adalah kolaborasi pengembang F/OSS. Di Indonesia, yang saya ketahui, kolaborasi pengembang F/OSS BlankOn menjadi komunitas yang paling aktif dan paling besar.

Saya sendiri bukan bagian dari pengembang BlankOn jadi mungkin opini saya tak terlalu tepat. Yang saya lihat BlankOn memiliki struktur dan deskripsi tugas yang jelas. Mereka juga punya target, milestone yang disepakati bersama. Yang saya tahu struktur di BlankOn ada tim infrastruktur, tim artwork, tim dokumentasi, tim testing, tim pemaket, dst.

Apakah bentuk ini bisa diadaptasi di Wikipedia? Hmm… coba saya sintesis. Yang menjadi lingkaran besarnya adalah minat. Lalu di setiap kategori minat ada ketua-nya. Atau tidak perlu ketua ya kalau di Wikipedia mah. Ok, tak perlu ketua. Yang diperlukan adalah pembagian tugas. Siapa rencana menulis apa, siapa mencari ilustrasi yang dibutuhkan.

Hmm… tapi apakah model ini sebenarnya sudah diakomodasi di Proyek Wiki? Kalau ya berarti saya yang masih pusing dengan kolaborasi daring.

Kesimpulannya kolaborasi daring tidak mudah. Apalagi di Indonesia dengan kondisi sosial yang tidak bisa disamakan dengan Wikipedia bahasa Inggris. Wikipedia Indonesia masih berproses terus menuju itu. Aspek kedekatan bagi sesama wikipediawan/wati perlu terus dijaga agar semangat berbagi bisa terus menyala.

Iklan

Satu pemikiran pada “Kolaborasi Daring Bikin Pusing

  1. Kunjungan perdana! Thanks mas zaki sudah mampir ke blog saya 😀
    Saya gak terlalu ngerti tulisan ini, mas kontributor wikipedia indonesia ya? Wow..keren euy!

    Gak mudah rasanya jika menuliskan sebuah informasi yang dijadikan panutan semua orang, harus extra hati-hati. Tapi dosen saya banyak yang tidak menyetujui wikipedia sebagai sumber pustaka skripsi, padahal gak semua informasinya ngasal kan?

    Sukses nih mas… 😀 Banyak anak Indonesia yang butuh ilmu pengetahuan tetapi terbatas pada bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.