Resensi Buku Tedi Heriyanto: Firefox Security Add-ons; Endian Firewall

Baik, sekarang saatnya menulis resensi buku-buku Tedi Heriyanto. Saya lupa cerita detailnya, bagaimana saya mendapatkan informasi mengenai buku-buku keamanan Tedi Heriyanto ini. Apa dari chat dengan Tedi?

Tedi Heriyanto's Books

Komentar pertama, buku-buku yang ditulis Tedi ini ternyata sulit dicari di toko buku. Saya mencoba mencari di komputer pencarian buku, lalu minta ditunjukkan rak lokasi buku ini. Hasilnya tak ada. Saya sendiri akhirnya mendapatkan buku ini dengan dikirimkan oleh Tedi. Terima kasih Tedi!

Buku Pertama: Firefox Security Add-ons
Buku ini diterbitkan pada Desember 2009. Apakah karena saya mencari buku ini setahun kemudian, hingga buku ini tak saya dapatkan? Dalam dunia teknologi informasi, informasi bergerak begitu cepat. Jadi saya pikir informasi di buku takkan bisa mengimbangi kecepatan informasi di Internet.

Bagian Kata Pengantar, Sekilas Tentang Firefox dan Sejarah Firefox menjadi jembatan yang baik bagi para pembaca awam. “Mengakses menggunakan Web Browser sudah menjadi kegiatan rutin yang wajib hukumnya untuk kita lakukan setiap harinya”, tulis Tedi. Aktivitas mencari informasi, memeriksa surel, hingga berbelanja daring, semua dilakukan menggunakan web browser.

Penulisan kata-kata teknis seperti Cross Site Scripting (XSS), Cross Site Request Forgery (CSRF), Man In The Middle (MITM), phishing menjadi tak terhindarkan ditulis di bagian Kata Pengantar. Tapi menurut saya tak mengapa. Bagi pembaca awam yang ingin mengetahui lebih detail mengenai istilah ini bisa mencari tahu sendiri lebih lanjut. Sayang, saya tak menemukan kata Add-on di bagian Kata Pengantar, padahal judul buku ini yang ada adalah kata add-on bukan extension.

Pada bagian Sekilas Firefox dan Sejarah Firefox sayangnya tak diulas mengenai Firefox di Indonesia. Apakah ada pengembang Firefox yang berasal dari Indonesia? Saya belum tahu untuk ini. Namun setahu saya sudah ada usaha penerjemahan Firefox ke Bahasa Indonesia. Hal ini tak sempat disinggung oleh Tedi.

Akhirnya di bagian Add-on Firefox, diberikan penjelasan mengenai apa itu add-on, extension, dan plugin. Isi buku ini menurut saya sistematis. Dari awal hingga akhir. Bagian Extension dibagi menjadi dua: Extension Security dan Extension Privacy.

Setiap mengulas suatu extension, dijabarkan dengan sistematika sebagai berikut:

  1. Deskripsi
  2. Fitur
  3. Instalasi
  4. Penggunaan
  5. (Options)

Menulis buku seperti ini menurut saya membutuhkan konsistensi dan ketekunan yang tinggi. Misalnya, membuat screenshot, lalu menjelaskannya secara runut. Belum lagi memikirkan kata-kata yang deskriptif bagi para pembaca awam.

Buku Kedua: Endian Firewall
Nanti deh ya dilanjutkan 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Resensi Buku Tedi Heriyanto: Firefox Security Add-ons; Endian Firewall

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.