Coffee Story

Tulisan ini merupakan bagian dari rangkaian cerita FIRST-TC kemarin. Kali ini saya ingin cerita perjalanan pulang.

Waktu boarding pesawat perjalanan pulang yang akan membawa saya dari DPS-JKT adalah 16.55 Waktu lokal tentunya, WITA. Hingga pukul 4 sore, saya tak kunjung menginjakkan kaki di Bandara Ngurah Rai. Akibatnya, Sakti tak berhenti mengontak saya.

Kakak saya sudah mengingatkan untuk meluangkan waktu 20 menit, untuk perjalanan dari area drop off hingga masuk ke tempat check in. Bandara Ngurah Rai sedang direnovasi besar-besaran. Dalam bahasa saya, Bandara Ngurah Rai menyediakan “area jogging” bagi para penumpang karena harus sedikit berjalan/lari agak jauh.

Begitu masuk pesawat, ternyata pesawat yang saya naiki berbeda dengan pesawat saat berangkat. Jika berangkat menggunakan Boeing 737-800(?) maka kali ini pulang menggunakan Airbus. Formasi tempat duduk Airbus ini adalah 2-4-2. Ada in fligh entertainment!

Secara acak, saya memilih film pendek, Coffee Story.

Film pendek ini bercerita tentang kopi Aceh. Arabica dan Robusta(?). Pembawa acara film dokumenter ini tampaknya sudah terkenal di dunia perkopian. Ia adalah satu dari sedikit orang Indonesia yang memiliki sertifikasi penyajian kopi. Profesinya, bahasa kerennya adalah barrista.

Menonton film ini saya jadi membayangkan suatu hari bisa ke Aceh.

Film ini menjelaskan proses perjalanan kopi hingga tersaji di cangkir dengan menarik. Mulai dari proses penanaman, pengambilan biji, pengumpulan oleh tengkulak, pemrosesan, pengeringan, hingga penyajian.

Orang Aceh ternyata suka sekali dengan kopi. Bahkan Banda Aceh dijuluki sebagai kota 1001 kedai kopi. Iklan-iklan di tengah kota pun menampilkan kopi-kopi dan kopi.

Mendadak video mati, owh tandanya sudah akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

5 pemikiran pada “Coffee Story

Tinggalkan Balasan

