Proses Membuat Materi

Kembali melanjutkan rangkaian cerita FIRST TC. Kali ini saya ingin bercerita mengenai proses membuat materi.

Materi -umumnya dalam bentuk berkas presentasi- jika dilihat sudah jadinya hanyalah lembaran halaman dengan informasi di atasnya. Ada judul, ada daftar isi, ada foto, ada pesan. Ada hal-hal yang ingin disampaikan.

Tapi sebenarnya, materi tidak sesederhana itu. Proses menuju hingga menjadi lembaran halaman tersebut panjang. Ada riset di sana. Ada proses berpikir, bagaimana menciptakan alur cerita. Baca juga soal alur cerita ini di blog Iwan.

Saya sendiri suka membayangkan diri saya, akan bercerita apa saat slide menampilkan apa. Saya lebih suka presentasi dengan bentuk visual dibanding dengan menampilkan data-data yang detail. Jika data yang detail, lebih enak untuk dibaca daripada didengarkan.

Proses pembuatan materi ini juga harus mempertimbangkan aspek audience. Siapakah yang akan mengikuti workshop ini. Jika materi terlalu detail sementara yang ikut adalah orang-orang teknis maka tidak akan menyambung. Sebaliknya pun juga berlaku.

Lalu, bagaimana bila materi menuntut (atau sebenarnya lebih menarik) untuk dipraktikkan? Maka faktor-faktor teknis perlu diperhitungkan: koneksi Internet, laptop peserta, sistem operasi yang digunakan peserta, perkakas apa saja berikut dependensi yang perlu diinstall, hingga waktu yang diperlukan untuk sesi praktik ini.

Catatan terakhir proses membuat materi kemarin adalah faktor bahasa. Dalam workshop FIRST TC tempo hari, kami menyampaikan materi dalam bahasa Inggris. Saya tidak terlalu masalah dengan bahasa Inggris, ya walaupun tenses-nya tidak akan benar-benar amat. (Sambil mengingat masa kejayaan saya saat dipuji oleh guru LIA di presentasi akhir Advanced Level).

Satu pemikiran pada “Proses Membuat Materi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s