Proses Membuat Materi #2

Hari ini kembali menulis rangkaian cerita FIRST TC Bali 2012. Kembali ke episode Proses Membuat Materi #2. Kali ini saya akan berbicara lebih dalam lagi. Depth.

Berdasarkan hasil diskusi dan kemudian disepakati dalam rapat, workshop yang akan kami isi akan terdiri dari 3 bagian.

  1. Pengantar
  2. Threat Modeling
  3. Security Testing

Saya mendapatkan bagian 1 dan 2. Untuk bagian pertama, referensi utama adalah buku Software Security karya Gary Mc Graw. Lalu untuk materi kedua, saya mencoba memperkenalkan konsep threat modeling sebagai bahan untuk menyusun security requirement.

Materi pertama ini agak gampang-gampang-susah disampaikan karena sifatnya yang sangat konseptual. Namun biar bagaimana konsep ini perlu disampaikan di awal sebagai pondasi para peserta memahami application security. Tentu tidak mungkin semua materi application security disampaikan dalam waktu 1/2 hari workshop kan.

Untungya di sesi pertama workshop ini saya bisa menggali lebih dalam latar belakang para peserta sehingga saya bisa mengetahui kapan harus go depth atau go breadth dalam menyampaikan materi. Para peserta workshop merupakan kombinasi dari level manajemen (menengah dan awal) dan level teknikal (pemrogram, sysadmin).

Di sesi kedua, saya memperkenalkan threat modeling. Saya rasa saya belum terlalu menyiapkan materi dengan baik dan matang. Yah, jadi perlu evaluasi.

Lalu di bagian ketiga, saya dan Sakti tertarik dengan James Whittaker, Googler (pegawai Google) yang bekerja khusus untuk melakukan testing. Saya pernah menulis soal James Whittaker dan testing.

Saya sampai menonton presentasi James Whittaker di GTAC 2010.

.

Untuk salindia dapat dilihat di sini.

Panjang juga kan, proses membuat materi.

2 pemikiran pada “Proses Membuat Materi #2

Tinggalkan Balasan

