Terbiasa Bepergian

Pada suatu sore, di halaman hotel Santika, Kuta, Bali, saya bercakap-cakap dengan orang Belanda dan orang Amerika (yang bekerja di Singapura). Orang Amerika ini hanya sebagai pemain figuran dalam tulisan ini. Saya akan lebih banyak bercerita soal orang Belanda.

Orang Belanda ini, sebut saja namanya, Seth. Seth sudah cukup berumur. Kira-kira 40-an ke atas namun belum 50. Ia terbiasa olahraga lari. Rutinnya, ia lari sepanjang 10 km. Wow! Kebiasaan lari ini terlihat dari postur tubuhnya yang kurus (namun tidak kurus ceking). Tidak ada lemak di tubuhnya. Perutnya rata, tidak seperti saya. Jangan tanya kalau orang Amerika-nya seperti apa. Lehernya nyaris tidak terlihat karena kegemukan.

Itu pertama soal kebiasaan larinya. Lalu, kini masuk ke judul tulisan.

Setelah mengobrol selama kurang-lebih 3 jam, Seth bercerita sudah pernah pergi ke mana-mana. Dari Moscow Rusia, hingga Johannessburg, Afrika Selatan.

“Orang luar itu seperti terbiasa sekali dengan bepergian ya”, begitu komentar teman saya.

Lalu Seth bercerita pengalamannya masuk Amerika Serikat. Bagaimana pemeriksaan dilakukan di Bandara. Bagaimana ia harus membuka sepatu, wawancara, dst.

Ada satu cerita lucu, bagaimana ia harus berulang kali diwawancara karena prosedur “Apakah Anda pernah bepergian ke Afrika Selatan dalam waktu 7 hari terakhir?”. Dalam 7 hari terakhir itu ia pergi dari Afrika Selatan, lalu lanjut ke Australia dan New Zealand. Jadilah ia harus melewati serangkaian prosedur wawancara.

Sebagai penutup saya lampirkan video India. Salah satu negara yang menjadi favorit para penjelajah. Mungkinkah satu hari nanti bisa mampir ke sana?

2 pemikiran pada “Terbiasa Bepergian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s