Membuat Daftar Pekerjaan

Sedikit banyak saya jadi terbiasa membuat daftar pekerjaan. Bahasa umumnya, to do list.

Pagi ini saya membuat daftar pekerjaan, berikut daftar pekerjaan yang harus saya selesaikan sebelum berangkat kerja:

  • Menyapu
  • Mengepel
  • Menyetrika
  • Ganti galon
  • Sensor lampu
  • Lap mobil
  • Cuci baju
  • Menjemur

Aktivitas saya mulai dari pukul 5.30 pagi. Pukul 7.30 baru aktivitas menyetrika yang selesai. Padahal ini juga setrikaan kaos, bukan kemeja & celana panjang yang tentu memakan waktu yang lebih banyak.

Yang ingin saya katakan di sini adalah, sebenarnya pekerjaan rumah itu tidak pernah ada habisnya. Berbeda dengan pekerjaan di kantor yang ada habisnya. Ada kontrak yang menyatakan kapan pekerjaan itu akan dimulai dan kapan akan berakhir.

Sayangnya pekerjaan di rumah mendapatkan apresiasi yang lebih sedikit, atau jika mau dibilang, dipandang sebelah mata dengan prestasi pencapaian pekerjaan kantor.

Ada yang salahkah dengan nilai sosial masyarakat kita?

Bukan berarti saya menyalahkan dan mengurangi apresiasi terhadap mereka yang memiliki prestasi dalam dunia kerja. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa kedua mata kita perlu dibuka. Keduanya, pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor pantas mendapatkan apresiasi yang sama.

Selain pekerjaan rumah (domestik), kehidupan bertetangga juga ada seninya tersendiri. Saya akan coba tuliskan di kesempatan terpisah. Dari Kompas Minggu rubrik rumah kemarin, ada kata-kata menarik yang ingin saya kutip.

Rumah kami tidak diberi teralis pada jendelanya karena kami percaya keamanan sebenarnya didapat dari hidup bertetangga

2 pemikiran pada “Membuat Daftar Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

