Tentang Widjajono Partowidagdo

Widjajono Partowidagdo. Mengetik namanya ternyata sulit. Ejaannya masih menggunakan ejaan lama. Tentu satu hal yang tidak terbiasa saya lakukan.

Saya mengenal namanya kali pertama di milis alumni ITB. Ia begitu aktif di milis. Entah tulisan panjang atau sekadar satu-dua baris. Sesekali ia mengirimkan fotonya. Entah saat ada kunjungan dari mahasiswa (Keluarga Mahasiswa) atau aktivitas lainnya. Seingat saya, saat saya masih aktif membaca milis alumni ITB, ia masih aktif di Dewan Energi Nasional.

Lalu, ia menjadi Wakil Menteri ESDM. Hingga akhirnya saya sering melihatnya muncul di televisi menjelaskan kebijakan pemerintah akan BBM. Satu peran Menteri ESDM Jero Wacik yang menurut saya karena tidak kompeten di bidang ini, diambil alih perannya oleh wakilnya.

Hingga Sabtu siang kemarin. Tanpa sengaja saya membuka URL detik.com (satu hal yang jarang saya lakukan membuka berita daring) untuk menguji koneksi wifi di Kemiri Pejaten Village. Tersiar berita bahwa Widjajono kritis.

Ya, dari berita cetak saya mengetahui memang Widjajono suka naik gunung. Bahkan dari semasa mahasiswa. Satu berita soal ini saya baca di TEMPO.

Lalu usai makan, saya keluar toko, dan melihat salah satu televisi di toko menyiarkan berita bahwa Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo meninggal dunia. Saya sempat permisi dulu sebentar dengan penjaga toko untuk ikut menyaksikan berita ini.

Lalu sedikit-banyak saya baca tanggapan publik di twitter akan kematiannya. Ternyata banyak juga yang bersimpati. Salah seorang teman saya komentar, “Now we screwed. We’re left with Jero Wacik”. Teman istri saya berkomentar, “Ia meninggal di tempat yang ia senangi”. Mendadak saya mengingat pengalaman saya naik gunung Merbabu, hampir 10 tahun yang lalu.

Saya belum pernah bertemu dan berinteraksi dengan Widjajono Partowidagdo, namun izinkan saya memberikan simpati dan doa atasnya. Selamat jalan. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…

Tinggalkan Balasan

