Digital dan Divergensi

Duh, susahnya menulis judul. “Divergensi” itu yang ingin saya ketikkan. Semoga maknaya masuk dengan tulisan ini.

Tulisan kali ini ingin saya buka dengan menyematkan video kopi darat #4 Python Indonesia.

(Catatan: perekam saya pinjam dari adik saya. Terima kasih!)

Seberapa pentingkah dokumentasi digital? Di zaman digital ini, kegiatan dokumentasi menjadi begitu mudah dilakukan sekaligus begitu mudah disebarkan. Perekam yang saya gunakan sudah merekam dalam format digital jadi saya tidak perlu lagi melakukan konversi. Masih ingat kan dengan perekam handycam yang menggunakan kaset. Walau sebenarnya perekam yang saya gunakan ini tidak didesain untuk merekam video dengan durasi lama. Desainnya menurut saya hanya untuk video pendek-pendek, 10 – 15 menit lah maksimal.

Divergensi yang saya maksud di sini adalah penyebaran. Dengan format digital, hal ini sangat mudah dilakukan.

Kedua video di atas adalah video komunitas pertama yang saya rekam dan saya unggah. Seberapa penting kah dokumentasi video? Toh tulisan ulasan di blog dan slide presentasi masih bisa diakses. Menurut saya dokumentasi video penting untuk merekam suasana. Satu hal yang tidak bisa ditangkap oleh tulisan.

Dengan video, penonton bisa berlipat ganda. Walaupun yang datang acara kopi darat python #4 ini hanya 24 orang, tapi kini orang-orang siapapun bisa dengan mudah mengakses video rekaman. Untuk aktivitas yang bersifat publik, saya pikir rekaman video bisa jadi sesuatu yang berguna karena efek berlipat yang dimilikinya.

Saatnya alih profesi jadi perekam?😀

Tinggalkan Balasan

