Tentang Paul Graham

Paul Graham. Namanya kembali muncul saat saya menyaksikannya memberikan keynote speech di Pycon US 2012.

Ternyata saya sudah pernah mengunjungi situsnya sejak dahulu kala. Kira-kira saat saya masih di Bandung. Tampilan situsnya begitu tak asing. Rasa-rasanya saya sudah pernah mengunjunginya dahulu kala.

Paul Graham, seorang PhD. Di keynote speech-nya, ia menyampaikan beberapa poin tanpa disajikan dalam bentuk salindia. Salah satu poinnya adalah, replacing universities. Menarik🙂 Apalagi yang mengatakan adalah seorang PhD.

They are acting like expensive (or exclusive?) Country Clubs
Universities are going to different path
Professors and students are not being fun

Poin lain yang ia katakan adalah kill Hollywood. Saya belum pernah tinggal di Amerika Serikat, jadi tak tahu benar kondisi di sana. Interpretasi saya, Hollywood tidak cukup adaptif dan kooperatif dengan kemajuan teknologi Internet.

Terakhir soal Paul Graham, saya baru selesai membaca Chapter 2 bukunya yang berjudul Hackers and Painters. Tulisannya sangat inspiratif. Paul Graham cerita bagaimana ia melanjutkan kuliah di bidang seni lukis dan persamaanya dengan menjadi hackers. Sangat direkomendasikan untuk dibaca. Satu hal yang tidak bisa didapatkan dari membaca buku “how-to” memrogram.

Hackers and Painters

Terkadang saya suka iri dengan mereka yang dilahirkan di zaman komputer tidak secanggih sekarang. Ada sesuatu yang lebih yang mereka dapatkan dengan lahir di zaman tersebut.

4 pemikiran pada “Tentang Paul Graham

  1. PG adalah salah satu penulis dan pembicara favorit. Inti dari apa yang Ia bicarakan umumnya skeptis dan inflammatory, tapi memang nyata

    Soal Hackers and Painters, ane udah tamat😀

Tinggalkan Balasan

