Eforia Ubuntu

Ubuntu baru saja merilis versi terbarunya. Precise Pangolin.
za@think

Saya jadi ingin bernostalgia sejenak soal Ubuntu.

Ubuntu menurut saya mampu menghadirkan semangat kesenangan dan keceriaan. Kemarin teman saya, Danies Pahlevi, berujar “Komunitas merasakan semangatnya”, komentarnya soal Ubuntu release party yang sudah sekian tahun lalu diadakan di Common Room, Bandung.

Sekarang Ubuntu menggunakan Unity sebagai Desktop Environment. Sekarang saya masih menggunakan KDE. Awalnya saya menggunakan GNOME. Saya menggunakan KDE karena dulu ingin belajar Qt. Sempat belajar dasarnya namun belum praktik membuat satu aplikasi sederhana.

Perjalanan menuju open source ini menurut saya tidaklah pendek. Dimulai dari proses instalasi, konfigurasi. Lanjut dengan cara bertanya yang baik. Lalu menjawab yang baik. Me-maintain sistem. Hingga kemudian turut berkontribusi menulis program dengan kode sumber terbuka.

Selamat untuk rilis Ubuntu Precise Pangolin! Semoga tetap membawa semangat keceriaan.

Tinggalkan Balasan

