Tentang Bertanya

Dalam sebuah acara diskusi, pertemuan hingga kelas-kelas dalam kuliah, berapa banyak yang bertanya? Bertanya, saat ini menjadi penting atau malah bisa dikatakan mereka yang bertanya adalah yang pintar. Mengapa? Karena hampir semua pertanyaan kini bisa dijawab oleh Google.

Mengapa orang yang bertanya bisa dianggap orang yang pintar? Berikut alasannya menurut saya.

  1. Bertanya membutuhkan keberanian
  2. Sebelum membicarakan apa isi pertanyaannya, orang yang bertanya perlu diacungi jempol atas keberaniannya. Saya yakin sebenarnya banyak yang ingin bertanya namun tak jadi bertanya. Entah karena ragu-ragu, tidak berani atau malas. Ah cari sendiri saja nanti jawabannya.

  3. Berpikir Membuat Pertanyaan
  4. Lanjut ke hal berikutnya. Mereka yang bertanya tentu otaknya akan berpikir. Mulai dari berpikir: ada yang salah dengan hal yang disampaikan, merasa kurang jelas, hingga ide berupa tantangan-tantangan ke depan. Berpikir hal ini tentu tak bisa dipikirkan oleh mereka yang tak menyimak diskusi dengan saksama.

  5. Sistematis
  6. Agar pertanyaan bisa dimengerti oleh orang yang ditanyakan, pertanyaan perlu disusun secara sistematis. Pada praktiknya, hal ini ternyata tidak mudah. Tidak semua orang terbiasa mengungkapkan pertanyaan dengan baik, jelas dan ringkas. Mengapa ringkas perlu? Karena saya sering juga menemukan penanya yang berbicara mutar-mutar hingga akhirnya saya tidak tahu hal apa yang ditanyakan.

Akhir cerita, saya termasuk yang mendukung untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang bertanya. Tidak perlu yang mewah, yang sederhana saja sudah mampu membuat penanya senang karena merasa dihargai.

2 pemikiran pada “Tentang Bertanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s