Sisi Lain Hidup Merantau

Semenjak awal tahun lalu, saat mendapat kesempatan mengunjungi Eropa, saya jadi suka membaca buku-buku atau artikel perjalanan. Sebelumnya, saya memang pernah bermimpi untuk ke Eropa. Untuk kuliah lagi, kiranya itu alasan yang paling sederhana. Namun mimpi itu tak pernah sungguh-sungguh saya wujudkan.

Hingga kemudian kesempatan ke Lisbon itu datang dan saya menyadari bahwa dunia dan kehidupannya sungguh menarik untuk ditelusuri.

Tinggal di negara maju, juga sempat menjadi mimpi saya. Melupakan ketidakteraturan dan ketidaktertiban kehidupan di negara dunia ketiga.

Hingga teman istri saya, Meilia, mengatakan ada sisi lain dari hidup merantau. Hal yang sama juga diungkapkan oleh penulis buku Singapura.

Apakah hal tersebut?

Aku ingin hidup bersama orang-orang yang ku kenal. Saudara-saudaraku. Orang yang mencurahkan kasih sayang dan perhatian.

Begitulah kira-kira saduran bebas apa yang ingin dikatakan. Memang, salah satu tantangan hidup merantau adalah jauh dari sanak-saudara. Apalagi jika merantau hingga ke Amerika Serikat, Eropa, Amerika Selatan.

Sekilas, saat kita melihat orang-orang yang kita kenal dengan foto latar belakang: tembok Berlin, tulisan I AM STERDAM, lapangan Tiananmen, great wall china, air terjun niagara; mereka memiliki kehidupan yang lebih indah dari kehidupan yang kita jalani.

Ternyata hal tersebut tidaklah mutlak.

Lantas, apakah dengan begitu kita tak perlu bermimpi bepergian? Saya kira tidak perlu. Kita perlu terus bermimpi untuk bisa melihat warna-warni dunia langsung. Bahkan saya ingin Zaidan nanti untuk bisa bepergian keliling dunia. Minimal dari lima benua ada satu negara yang pernah dikunjungi.

Karena kapal dibuat bukan untuk ditambatkan di dermaga

Tinggalkan Balasan

