Leluhur dari China

Beberapa hari yang lalu saya membaca perjalanan artikel di Sunday Post (Jakarta Post edisi minggu). Tidak ada yang aneh dengan kalimat tersebut kan? Ya saya memang membaca koran hanya Sabtu & Minggu untuk sepanjang pekan.

Artikel perjalanan kali ini cukup unik. Bercerita tentang orang Indonesia yang mengunjungi tanah leluhurnya di dekat Ghuangzhou, China.

Penulis merupakan cucu dari orang yang memutuskan untuk pergi meninggalkan daerah asalnya, merantau untuk harapan kehidupan yang lebih baik. Dan tujuan rantau itu adalah Indonesia.

Membaca cerita ini mengingatkan saya akan obrolan di pesawat saat dulu dalam perjalanan transit menuju Ghuangzhou.

Duduk di sebelah saya adalah pasangan suami.istri yang ingin mengunjungi tanah leluhurnya. Sama, tak jauh di Ghuangzhou.

Merantau untuk harapan hidup yang lebih baik. Meninggalkan sanak-saudara. Meninggalkan tanah kelahiran. Dan bahkan hingga meninggal di tanah tujuan…

2 pemikiran pada “Leluhur dari China

  1. Mengapa banyak orang Guangzhou yang merantau ke banyak negeri lain? Indonesia, Malaysia, Singapura banyak sekali yang berasal dari sana. Apakah Guanzhou terlalu padat atau tidak layak huni, ya? Atau jiwa mereka memang mirip orang Minang yang menjadikan merantau sebuah budaya?

  2. Kalau yang saya baca dari artikel Jakarta Post dan obrolan di pesawat, persisnya bukan di Ghuangzhou, Mang. Kira-kira masih 6-12 jam perjalanan darat. Sayang saya lupa namanya.

    Dari artikel Jakarta Post memang dilukiskan bahwa lokasi asalnya yang buruk: panen gagal & miskin, yang memotivasi mereka untuk keluar dari daerah asalnya dan merantau.

    Bisa juga mereka memiliki darah seperti orang Minang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s