Resensi Film Tanda Tanya?

Semalam jadinya saya menonton film  ? (Tanda Tanya). Saya menonton di bioskop pribadi alias rumah. Kebetulan istri yang beli DVD-nya.

Pertama saya ingin komentar kualitas DVD + kabel HDMI dulu, bukan soal filmnya. Hehe. Ternyata, kualitas gambar & suara DVD yang disambungkan dengan kabel HDMI sangat bagus! Yang ini saya juga baru tahu, kalau dengan kabel HDMI tak diperlukan lagi konektor audio. Gambarnya tidak pecah & warnanya jernih. Suaranya pun jelas.

Isu yang diangkat dalam film ini adalah toleransi beragama. Mayoritas orang Indonesia adalah pemeluk agama Islam, namun bukan berarti tidak ada keragaman di dalamnya.

Film  ? mengambil setting di Semarang. Karakter setiap tokoh dilukiskan dengan jelas. Rika, seorang muslim yang lantas pindah agama menjadi katolik. Rika cerai dengan suaminya, namun anaknya, Abi, tetap dibesarkan secara islam.

Menuk, perempuan berjilbab yang bekerja di restoran china. Restoran yang menjual daging babi namun memisahkan semua peralatan memasaknya. Prinsip yang dipegang teguh oleh Tun Yat Sen, sang pemilik restoran.

Ada lagi tokoh lain: Hen putra Tun Yat Sen, Surya, & Soleh suami Menuk. Penokohan dalam film ini.terbilang sederhana karena saya cukup bisa mengerti.

Saya perlu mengacungi jempol untuk sinematografi film ini. Sudut pengambilan gambar, warna, & settingnya sungguh asyik untuk dinikmati.

Hanung Bramantyo mengangkat isu agama yang saya pikir cukup sensitif. Interpretasi orang akan film ini bisa beragam sekali. Misalnya bisa saja publik menganggap Banser NU adalah ormas preman. Yah, namun disitulah seninya.

Akhir kata saya ingin mengungkapkan, keragaman adalah hal tak terhindarkan. Toleransi perlu digalakkan. Namun takkan ada kompromi dalam hal keyakinan Iman.

4 pemikiran pada “Resensi Film Tanda Tanya?

Tinggalkan Balasan

