Jurnalis Musik

Secara tidak sengaja saya membaca buku Celoteh Soleh, karya Soleh Solihun. Yang membeli buku ini adalah istri saya. Belakangan malah istri saya yang lebih rajin beli buku.

Buku ini merupakan celoteh Soleh, tulisan-tulisan pendek yang sebelumnya telah dipublikasikan di blog. Buku ini dibagi-bagi menjadi beberapa bab yang dipilah berdasarkan temanya. Tulisan-tulisan Soleh saya nilai cukup stabil. Mulai dari struktur, pemilihan kata, gaya tulisan, & panjangnya. Errr hanya saja saya tidak tahu apakah ini sudah merupakan hasil penyuntingan.

Soleh merupakan seseorang yang cinta akan musik. Pilihannya untuk menjadi pewarta musik merupakan bentuk perwujudan cintanya ini. Pengetahuan musik Soleh jelas melampaui saya lah. Lha wong saya baru tahu kalau Marcel mengawali kariernya di bidang musik dengan menjadi penabuh drum grup musik Puppen, dari membaca buku ini.

Satu pendapat Soleh yang bagus menurut saya adalah tidak adanya kritikus/pewarta musik yang mumpuni. Dikisahkan sebuah grup musik mengeluh karena review albumnya pada suatu majalah musik dangkal sekali.

Lainnya, buku ini bercerita tentang kehidupan asmara Soleh, dan tak tertinggal pandangannya akan agama Islam sebagai agama yang dipeluknya.

Satu pemikiran pada “Jurnalis Musik

  1. […] Juni 2012 Di bulan Juni, Zaidan sempat sakit. Saya dan istri diberikan PR oleh dokter, bukan obat. Oh di bulan Juni saya menjadi pembicara di IDSECCONF 2012 di Makassar. Karena menjadi tetangga Soleh Solihun, saya jadi membaca bukunya, dan lantas menulis soal jurnalis musik […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s