Pertanyaan Saat Konferensi

Mas Zaki, waktu di Makassar pertanyaannya apa saja?

Kali ini saya ingin menulis bagaimana rasanya menjawab pertanyaan. Bisa dibilang ini masih satu seri dengan tulisan saya sebelumnya.

Sebenarnya saat acara di Makassar dulu, saya menulis pertanyaan yang muncul apa saja. Yah tapi selamat datang di dunia Internet, era di mana lebih mudah mencari informasi di Internet daripada di komputer sendiri. Sebuah paradoks.

Di sesi saya, yang saya ingat terdapat 2 penanya. Yang pertama bertanya bagaimana caranya agar para pengembang aplikasi Android dapat mengembangkan aplikasi dengan aman dari awal. Penanya kedua bertanya tentang referensi yang saya gunakan mengenai decompile berkas APK dan buku Android Security apakah masih relevan atau tidak.

Satu ilmu baru yang saya dapatkan dari cara menjawab pertanyaan yang baik adalah dengan mengulang pertanyaan penanya. Merekonstruksi pertanyaan penanya ini ternyata tidak mudah. Seringkali penanya tidak terlalu sistematis dalam bertanya. Atau bisa juga bahasa kebiasaan yang digunakan penanya berbeda. Bisa awam sekali atau teknis sekali. Perlu diingat, adagium komunikasi: It is impossible to not to communicate.

Ya, barangkali memang di sini seninya bertanya/menjawab di suatu konferensi. Ini menjadi satu hal yang menarik dari konferensi yaitu interaksi.

4 pemikiran pada “Pertanyaan Saat Konferensi

  1. Sebelum menjawab, konfirmasi dulu pertanyaan yang diajukan dan maksudnya. Jangan-jangan maksudnya beda?😀

Tinggalkan Balasan

