Bukan Untuk Uang

Kejadian ini saya alami kurang lebih 2 minggu yang lalu.

Pada hari itu, saya ada janji di pagi hari di tengah kota. Saya putuskan untuk memilih moda transportasi KRL. Mobil saya parkir di gedung parkir.

Karena saat masuk gedung parkir suasananya gelap, saya putuskan untuk menyalakan lampu besar mobil.

Dan ternyata….. saya lupa mematikan lampu besar hingga saya pulang. Lampu menyala selama +/- 10 jam dengan kondisi mesin mati. Saat saya membuka pintu, central lock mati. Saat saya mau menyalakan mobil, putar kunci kontak, tak ada respon sama sekali.

Lantas saya pergi mencari petugas keamanan. Saya mau minta tolong didorongkan mobil. Kebetulan saya parkir di lantai 2 jadi bisa memanfaatkan turunan untuk mencoba menyalakan mobil.

Satu turunan terlewati, mobil tak mau menyala. Setir pun terasa berat sekali, padahal kunci kontak sudah dalam keadaan menyala. Turunan berikutnya dicoba lagi. Mesin tak kunjung menyala. Akhirnya mobil dibantu didorong ke tempat parkir yang kosong.

Sesaat usai mendorong, saya menghampiri petugas keamanan ini. Saya ingin memberikan sejumlah uang sebagai bentuk ucapan terima kasih. Jumlah yang saya siapkan tak seberapa. Ia menolak. Saya coba bujuk. Ia kembali menolak. Saya pun terkagum.

Cerita belum selesai karena memang masalahnya kan belum terpecahkan.

Setelah berikir, daripada saya minta tolong bapak saya, saya telepon saja bengkel aki mobil ini. Saya utarakan kondisi mobil lalu saya jelaskan posisi mobil ada di mana. 15 menit kemudian mereka muncul.

Langsung bekerja, mereka mengeluarkan aki beserta kabel yang digunakan untuk jumper. Aki mobil sudah terhubung, starter, voila. Mesin mobil kembali menyala. Tunggu dulu beberapa saat, lalu coba matikan dan nyalakan lagi. Berhasil. Aki sudah kembali terisi dan mesin mobil sudah bisa dinyalakan.

Kembali, saya siapkan uang sebagai bentuk ucapan terima kasih. Mereka menolak. Saya coba lagi, mereka tetap menolak. Saya kembali takjub.

Barangkali memang masih ada orang-orang baik di luar sana, yang menolong tanpa pamrih…

Tinggalkan Balasan

