Olimpiade Beijing 2008

Semalam saya menonton National Geographic Channel. Episode kali ini adalah: Road to London 2012, Beijing Water Cube.

Bird's Nest

Sepertinya NGC memutar ulang episode ini sebagai bagian dari perjalanan persiapan Olimpiade 2012 yang akan diadakan di London sementara Beijing merupakan tuan rumah olimpiade sebelumnya di tahun 2008. Sedikit rasa bangga karena sempat melihat Water Cube dan Bird’s Nest secara langsung.

Water Cube merupakan tempat dilaksanakannya lomba renang dan loncat indah olimpiade 2008. Water Cube dibangun menggunakan teknologi ETFE. Saya tak tahu juga persisnya apa ini karena ketinggalan nonton acaranya. Tidak dari awal.

Beijing dengan lokasinya yang berada di daerah subtropis menjadi tantangan tersendiri untuk mendesain Water Cube. Bagaimana agar di saat suhu dingin, penonton di dalam water cube tidak kedinginan. Begitupun sebaliknya. Tantangan ditambah lagi dengan bagaimana menjaga suhu dengan energi seminim mungkin.

Yah, barangkali di sinilah tantangan menjadi pekerja sipil/arsitektur.

Saya mengunjungi Water Cube & Bird’s Nest bersama Lucas Ferreira, dari Brazil. Kami mengunjungi kedua tempat ini saat malam hari, usai acara konferensi berakhir. Sesekali saya mengambil foto menggunakan kamera Lucas dan sebaliknya, untuk saling memfoto dengan latar belakang kedua tempat ini.

Di malam hari, tempat ini tetap terbuka untuk umum. Hanya saja maksimal hingga pukul 9 malam. Setahu saya untuk bisa masuk ke dalam Bird’s Nest perlu membayar sekian yuan. Seingat saya Tin Zaw yang sempat mengintip ke dalam stadion Bird’s Nest.

Olimpiade merupakan ajang atlet seluruh dunia untuk membuktikan siapa yang terbaik. Rasanya menarik juga apabila bisa melihat olimpiade secara langsung. Jadi, apakah sekarang saatnya berkunjung ke London?😉

#eeaa

Satu pemikiran pada “Olimpiade Beijing 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s