Tentang Supir Transjakarta

Kemarin Jum’at kembali terjadi kecelakaan Transjakarta yang merenggut korban jiwa. Kali ini terjadi di koridor yang saya naiki sehari-hari. Koridor 6.

Dari berita yang saya baca, sang anak berlari mengejar ibunya yang sudah lebih dahulu menyeberang. Sang anak tertabrak. Saat Ibunya melihat ke belakang, ia pingsan.

Menjadi supir Transjakarta saya rasa tidak mudah. Muatan bus yang seringkali melampaui batas, motor yang sembarangan masuk busway & itu yang terakhir: penyeberang jalan.

Saat saya menyetir mobil sendiri saja, saya suka kesal dengan motor yang malang-melintang, seradak-seruduk. Dengan mobil yang momentumnya lebih kecil dibanding Transjakarta, maka lebih mudah bagi saya untuk bermanuver.

Kondisi yang berbeda dialami supir Transjakarta. Ia tak bisa sekonyong-konyong mengerem mendadak. Penumpang akan terpental saat rem diinjak mendadak.

Menurut saya supir Transjakarta (pada khususnya) & supir angkutan umum (pada umumnya) patut mendapatkan gaji yang layak. Mengapa? Karena tanggung jawab mereka besar.

Turut berduka untuk kejadian ini. Semoga kita selalu bisa menghormati sesama pengguna jalan raya.

Oh ya satu lagi: saya suka gregetan melihat pejalan kaki yang menyeberang di bawah jembatan penyeberangan.

2 pemikiran pada “Tentang Supir Transjakarta

  1. menarik mengomentari kalimat terakhir…. terkadang saya sendiri juga menyeberang lansung padahal di dekat saya ada jembatan penyeberangan. Tergantung situasi jembatannya apakah dirasa aman atau tidak. Soalnya masih banyak jembatan penyeberangan yang tidak layak dan tidak aman…

    1. Ya Lif, benar bergantung juga dengan kondisi jembatannya.

      Yang aku heran, ternyata halte sentral Harmoni, tangga-nya curam banget. Tidak ada bidang miringnya lagi😐

Tinggalkan Balasan

