Memilih Jalan Saat Mengemudi

Kemarin saya pergi ke Bandung. Kali ini mengendarai mobil, bersama istri & buah hati.

Sebagai pengemudi, jadilah saya yang memutuskan jalan mana yang ingin dilalui. Proses mengambil keputusan memilih jalan ini umumnya dilakukan tanpa informasi lalu lintas. Memang sudah ada layanan lewatmana.com tapi saya belum punya akses Internet, perangkat, dan cara mengakses informasi lalu lintas ini.

Saat berangkat saya sempat terjebak macet di Fatmawati. Kurang lebih waktu yang terbuang ada 20 menit. Jadilah saya putar balik, lewat Jalan Bango.

Sesampainya di Bandung, daerah Gasibu macet parah sekali. Lalu blink, saya pilih untuk masuk Jalan Gagak agar langsung tembus Sadang Serang. Pilihan saya memilih jalan Gagak menghindari macet tepat hingga berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan.

Korbannya, spion tergores😐

Ya, inilah risiko memilih jalan tikus sebagai alternatif. Pilihan telah ditentukan, dan sekarang harus siap bertanggung jawab memperbaiki goresan tersebut. Seringkali kita mengandai, andai tidak memilih jalan tikus, andai tetap di jalan besar.

Biar bagaimana, pilihan sudah ditentukan. Bersikap & bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

