Sejarah Kerajaan Indonesia

Salah satu analisis rekan saya, Waryaman Wardana, mengapa Indonesia tidak menjadi bangsa yang besar adalah karena tidak pernah ada kerajaan yang benar-benar puguh, bertahan lama. Yang ada di lembaran sejarah Indonesia adalah kerajaan yang timbul-tenggelam.

Niujie Mosque, Beijing

Tadi pagi saat sahur saya tak sengaja menonton salah satu acara TV yang meliput kebesaran peninggalan kerajaan Cina di Beijing. Lalu saya buka-buka lagi arsip foto saya, dan jadilah foto di atas yang saya pilih. Sekalian foto bertemakan Ramadan.

Forbidden City, Great Wall, Temple of Heaven, semuanya adalah peninggalan kerajaan Cina dari beribu-ribu tahun yang lalu. Semuanya masih bertahan sampai sekarang. Terawat rapi. Hadir di tengah kota Beijing (kecuali Great Wall tentunya). Kota pusat pemerintahan China.

Lalu, ada apa di Jakarta? Adakah peninggalan kerajaan yang masih terlihat megah? Jika tidak ada di Jakarta, adakah di belahan lain di Indonesia? Peninggalan megah yang ada, yang saya tahu hanyalah Borobudur.

Bisa berarti benarkah analisis rekan saya?

Tinggalkan Balasan

