Big Data dan R

Belakangan sedang tren soal Big Data. Lalu datang R. Bagi saya hal ini juga hal baru. Dalam dunia digital, data berada dalam keadaan berlimpah. Yang menjadi tantangannya bukan lagi mencari data tapi bagaimana mengolahnya hingga menjadi informasi yang berguna.

Informasi yang berguna berarti informasi yang bisa dibaca dengan cepat, data tampil secara akurat, dan dapat diproses pada waktu yang dibutuhkan.

Saat ini server saya memiliki access log, namun karena berbagai keterbatasan, saya jarang sekali membuka access log ini. Padahal access log ini penting untuk melihat aktivitas server saya.

R, yang saya tahu adalah metodologi statistik(?) yang digunakan untuk mengolah big data ini. Saya belum tahu banyak soal ini.

Saya ada ide kecil untuk penelitian kecil soal big data ini. Semoga bisa dikerjakan perlahan-lahan dan ada kesempatan untuk mempresentasikannya.

Tinggalkan Balasan

