Email & Tanda Tangan Digital

Banyak orang memiliki email, saya pun punya email. Tak banyak orang memiliki tanda tangan digital, tapi saya punya. Hehehe.

Tapi rasanya masih sulit bagi saya berkomunikasi menggunakan tanda tangan digital. Kesulitan pertama adalah karena faktor aksesibilitas dan yang kedua adalah skalabilitas. Atau sebenarnya kedua masalah ini sudah bisa terpecahkan, saya saja yang masih kuper?

Saya memiliki tanda tangan digital untuk alamat email kantor. Untuk menandatangani atau hingg enkripsi/dekripsi alamat email saya menggunakan bantuan pengaya Enigmail pada Thunderbird.

Jumlah email kantor lebih sedikit dibanding akun gmail saya. Jadi saya tidak mengalami kesulitan saat perlu mengunduh semua email yang masuk.

Hal yang berbeda tentu dengan akun gmail saya. Wah, saya melanggan milis terlalu banyak. Andaikan tak ada email, saya tak tahu berapa jumlah kertas yang deiperlukan untuk mencetak semua email saya ini.

Saya perlu menemukan solusi mengatasi masalah ini.

Tinggalkan Balasan

