Sholat Jum’at di Masjid Baiturrahman Semarang

Setiap hari Jum’at biasanya saya suka memutar waktu ke belakang. Mengingat-ngingat apa yang saya lakukan seminggu yang lalu. Dari Jum’at yang lalu hingga hari ini. Bahkan dulu saya sempat menuliskan di buku harian, aktivitas sehari-hari.

Seminggu yang lalu, saya sholat Jum’at di Masjid Baiturrahman Semarang. Masjid ini terletak di jantung kota Semarang, persisnya di salah satu sudut Simpang Lima.

Saya datang sudah mepet waktunya dengan sholat Jum’at. Akibatnya terjadi penumpukan di tempat penitipan sandal dan pintu keluar-masuk tempat wudhu. Pengurus akhirnya memberi tahu bagi jamaah yang belum ambil air wudhu untuk masuk dari pintu yang lain. Kemacetan pun terurai.

Saat saya menaiki tangga ke masjid, dalam hati saya berujar, wah jangan-jangan sudah tidak ada tempat lagi. Ealah, ternyata masjid ini besar sekali. Dan konstruksinya pun canggih. Tidak ada tiang di tengah. Hal yang cukup mengagumkan karena luasnya masjid ini.

Di masjid ini, saat waktu sholat jum’at mengakomodasi jamaah perempuan. Saya melihat ada beberapa shaf perempuan di lantai balkon. Menurut istri, hal ini cukup lumrah di daerah Jawa Tengah.

Awalnya saya kira, khotib akan berbahasa Jawa, eh ternyata berbahasa Indonesia. Masjid Baiturrahman diresmikan oleh Jenderal yang kemudian menjadi Presiden RI ke-2.

Di pelataran halaman masjid, saya melihat segerombolan orang membaca mading. Ternyata di mading ini ditempel koran lokal Jawa Tengah, Suara Merdeka. Wah, ini menunjukkan sebenarnya minat baca orang Indonesia pun tak kalah tinggi. Hehehe…

Sayangnya hal ini tidak ada di Jakarta. Tampaknya orang Jakarta lebih individualistis dengan membaca koran di tablet masing-masing. Hihihi…

Ini jadi kunjungan kali pertama saya ke Masjid Baiturrahman.

#catatanperjalanan

Satu pemikiran pada “Sholat Jum’at di Masjid Baiturrahman Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s