Git (dan Github)

Jika sekarang zamannya jejaring sosial macam Twitter dan Facebook, maka muncul jejaring niche lain. Yaitu niche para geek😉

Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan Git. Git adalah salah satu karya sang fenomenal Linus Torvald, penulis kernel linux. Git merupakan VCS: Versioning Control System. Git sangat membantu dalam melakukan pelacakan berkas (tracking file).

Salah satu kelebihan Git dengan VCS lainnya adalah: sifatnya yang terdistribusi. Jadi saya bisa menjadi server ataupun client. Saya bisa commit tanpa harus tersambung ke server.

Lalu datang Github. Github menyediakan server Git yang terbuka. Saya telah mencoba membuat beberapa repositori. Salah satunya adalah repositori berkas presentasi saya di acara IDSECCONF 2012 yang saya buat menggunakan LaTex beamer.

Seperti jejaring sosial, Github memantau perubahan repositori orang-orang yang kita pantau. Status perubahan ini bisa terlihat di halaman beranda.

Selain repositori, Github juga menyediakan ruang untuk web. Saya belum kotak-katik banyak, jadi baru halaman sederhana saja.

Tinggalkan Balasan

