Membawa Buku

Malam semakin larut, saya baru saja usai rapat edisi malam hari.

Entah mengapa, saya suka membawa buku di dalam tas. Pada praktiknya, buku ini juga jadinya jarang saya baca.

Berikut saya paparkan alasannya.

1. Posisi Membaca
Sebagai pengguna transportasi publik Transjakarta, saya lebih sering berdiri daripada duduk. Mengeluarkan buku di Transjakarta seraya berdiri lantas membaca,  rasanya sulit dilakukan. Namun bukan lantas saat duduk manis saya langsung otomatis membaca.

2. Waktu Membaca
Otak bukanlah ember yang harus diisi, melainkan lilin yang harus dinyalakan. Begitupun dengan membaca, perlu ada waktu & mood tersendiri untuk dilakukan.

Lainnya?

Alasan saya mengapa suka membawa buku adalah karena suka merasa sayang apabila ada waktu yang terlewatkan begitu saja.

Terakhir mengutip Taufiq Ismail, buku adalah guru yang tak pernah marah.

Tinggalkan Balasan

