Inspirasi

Saya cenderung tidak suka dengan buku yang berisi how-to. Langkah-langkah rinci, detail. Menjabarkan sesuatu secara berurutan. Saya seperti merasa didikte. Bukan berarti saya tidak membaca informasi how-to. Saat mencoba melakukan instalasi basisdata Oracle saya pun mencari informasi how-to.

Saya lebih suka tulisan yang menginspirasi.

Inspirasi umumnya paling mudah datang dari cerita orang. Kita semua lebih suka cerita kan daripada digurui?

Lainnya, saya lebih suka dengan bentuk tantangan. Lalu saya coba cari sendiri jawabannya. Toh hidup itu seperti soal esai kan? Bukan pilihan ganda yang pilihannya sudah ditentukan.

Pagi ini saya membaca tulisan tentang perbedaan antara checklist dengan mission. Checklist hanya membuktikan bahwa kita sudah berusaha atau telah melakukan suatu hal. Sementara mission adalah sesuatu yang lebih besar atau sebenarnya melampaui dari sekadar checklist.

Tinggalkan Balasan

