Hacker

Hacker. Satu predikat yang sungguh terhormat. Sayangnya predikat ini sering salah digunakan. Hacker bukan cracker. Hacker jauuuuh lebih dari seorang cracker. Sekaligus saya ingin mengatakan ke diri saya sendiri, saya masih jauh sekali dari predikat seorang hacker.

Sebelum lebih lanjut, mari kita coba definisikan satu per satu istilah ini.

Hacker adalah orang yang suka tinkering dengan segala sesuatu. Hacker suka mengutak-ngatik, breaking, dengan tujuan membuat sesuatu ini menjadi lebih baik. Hacker mencari celah keamanan untuk membuatnya menjadi lebih baik. Hacker membuat sesuatu yang sebelumnya tidak ada. Hacker memperbaiki sesuatu untuk menjadikannya lebih baik. Hacker itu tidak pelit berbagi. Bahkan ia akan berbagi tak peduli dibayar atau tidak.

Kalau kata Paul Graham, hacker itu ibarat pelukis.

Nah kalau cracker ini, orang yang hanya suka merusak, berbuat vandal. Mencari celah keamanan dengan memanfaatkan vulnerability lalu meng-eksploitasi menggunakan script yang sudah ada. Kalau di hacker ada kasta, maka cracker ini masuk kelas script kiddies, yaitu yang masih terbatas keren karena menggunakan tool milik orang lain.

Terkadang saya berpikir, definisi hacker lebih tepat ditujukan bagi para teman-teman pengembang (developer) daripada teman-teman pentester.

2 pemikiran pada “Hacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s