5 cm dan Alam

Belum lama ini sudah ada beberapa film yang saya tonton. Belakangan malah rajin ke bioskop. Hihi. Jadi DVD ternyata tidak membunuh bioskop?

Sebelum 5 cm ada Life of Pi. Harusnya saya menulis Life of Pi lebih dulu. Ah tapi tak apalah.

Seingat saya, saya pertama kali tahu 5 cm dari Danar dan Tyo, teman semasa kuliah. Mereka berdua sedang bertukar buku, dan kebetulan membawa buku ini ke kampus. Entah mengapa saat itu saya tidak tertarik membaca buku ini.

Hingga saya melihat trailer film ini, akhirnya saya putuskan untuk menonton. Padahal sebenarnya istri membujuk saya untuk menonton Habibie dan Ainun.

5 cm bercerita tentang persahabatan, kesetiaan, cinta, dan kekuatan meraih mimpi. Film ini tidak menye-menye soal percintaan. Pada beberapa adegan memang ada yang vulgar. Entah ini versi film atau memang begitu apa adanya di buku.

Lima sahabat ini merasa statis. Hingga akhirnya salah satu dari mereka berinisiatif untuk tidak bertemu dulu selama 3 bulan. Baru di tanggal 14 Agustus mereka berkumpul di stasiun Senin untuk naik kereta menuju Malang.

Film ini ternyata membawa kenangan-kenangan masa lalu saya. Salah satunya adalah naik kereta ekonomi. Saat SMA dulu, saya bertiga dengan teman saya naik kereta ekonomi menuju Kebumen. Kami menghabiskan waktu liburan di tempat kakek teman saya. Usai dari Kebumen, kami melanjutkan ke Yogya dan Solo, tempat mbah saya.

Lalu 5 sahabat ini naik gunung. Ada kata-kata bagus yang terucap dari 5 sekawan ini. Saya coba tuliskan apa yang saya ingat.

Mata yang akan menatap lebih jauh dari biasanya. Kaki yang berjalan lebih lama dari biasanya. Leher yang mendangak lebih lama dari biasanya. Dan bibir yang mengucap doa.

Duh ingatan saya kurang kuat.

Perjalanan mereka naik gunung pun membawa kenangan saya saat naik Gunung Merbabu, 12 tahun yang lalu. Perjalanan naik gunung itu intinya adalah mengalahkan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

