Manusia dan Teknologi

Berbicara soal teknologi selalu mengingatkan saya akan film The Gods Must Be Crazy. Film yang menceritakan bagaimana sebuah botol Coca Cola yang terjatuh di suatu daerah di Afrika, yang kemudian membuat gempar penduduk sebuah desa.

Morale of the story dari film ini adalah bagaimana manusia takkan pernah bisa terlepas dari konteksnya saat dikaitkan dengan interaksi teknologi.

Pesan film inilah yang selalu membuat saya teringat untuk selalu memanusiakan teknologi. Teknologi memang memudahkan, tapi faktor manusia tetap yang paling utama.

Belakangan ini saya merasa begitu dimudahkan dengan penggunaan perkakas manajemen proyek. Berkas dokumen dapat dilacak, kapan diunggah, kapan diterima, catatan rapat, kapan agenda rapat, siapa saja yang perlu hadir, dan seterusnya. Dengan menggunakan perkakas ini, otak saya dapat digunakan untuk memikirkan hal lain yang lebih menantang karena hal-hal yang saya sebutkan tadi sudah dibantu ditangani.

Nah tapi yang tak boleh terlupa lagi, interaksi manusia dengan teknologi yang tak bisa terlepas dari konteksnya.

Satu pemikiran pada “Manusia dan Teknologi

Tinggalkan Balasan

