Kaleidoskop 2012

Hari ini sudah hari terakhir di bulan Januari 2013. Waktu memang terus berlari, tak terasa saat kita tak menggenggamnya. Kali ini saya ingin menulis kaleidoskop saya selama tahun 2012.

Di tahun 2012, tak seperti tahun 2011. Saya tak sempat pergi melihat dunia di luar Indonesia. Namun tentu bukan berarti tidak ada pengalaman seru. Semoga di suatu waktu diberikan kesempatan untuk bisa melihat dunia di luar Indonesia, bersama anak dan istri.

Yak mari kita mulai. Karena ingatan saya cenderung lemah (hihi bukan tipe penghafal), jadi kaleidoskop ini akan mengandalkan arsip tulisan saya di blog ini.

Januari 2012
Saya masih suka naik kereta. Terdapat satu hari saat saya ingin pulang, tiba-tiba terjadi chaos. Karena masih awal bulan di awal tahun, saya sempatkan juga bercerita soal perjalanan di Singapura dan di Beijing. Err biarpun sudah lama berlalu, ternyata saya tetap gatal menuliskan pengalaman tas kresek yang harus dibeli saat berbelanja di Lisbon. Lainnya, ada foto Zaidan yang sedang menyapu. Lalu, kampanye saya akan pentingnya ASI eksklusif.

Februari 2012
Saya menulis tanggapan saya usai menonton sebuah acara TV yang menggambarkan bahwa di Amerika Serikat sekalipun tak semuanya indah. Saya masih juga suka menulis tentang pentingnya mencatat. Sesuai dengan pesan Agustinus Wibowo, saya membaca buku After Orchard sebelum pergi ke Singapura dan menulis resensinya di blog ini. Berusahalah lebih dari orang rata-rata sebagai penyemangat agar bila kita melihat orang di sekitar kita malas-malasan kita jangan ikut malas-malasan. Tapi kita justru harus berusaha lebih keras. Di bulan ini saya mendaftarkan diri untuk ikut acara pemiliday. Sesi foto bersama yang nantinya akan menjadikan foto kami sekeluarga masuk ke buku Ayah ASI.

Maret 2012
Soal keluarga, saya menekankan pentingnya untuk memiliki Ibu yang cerdas. Lalu sebagai persiapan mengisi acara FIRST Technical Colloqium di Bali, saya menonton video James Whittaker. Zaidan sudah semakin besar, sehingga ia tak lagi digendong saat jalan pagi. Ada cerita lucu saat saya ingin mengunjungi tempat praktik dokter Tiwi di daerah Bintaro. Saat di Surabaya, tanpa sengaja saya bertemu Widha, teman saat SMA.

April 2012
Saya cerita soal pengalaman selama acara FIRST TC di Bali berikut dengan proses pembuatan materi. Usai mengunjungi Surabaya, saya jadi ingin tahu lebih dalam soal konsep kota bagi Tri Rismaharini. Di bulan ini, Zaidan saya ajak untuk ikut kopdar Python. Ealah, Daddy’s sidekick.

Mei 2012
Refleksi akan perpustakaan dari cerita anak-anak. Sistem yang sempurna barangkali menjadi impian kita yang hidup di Indonesia. Tapi apakah betul demikian? Ada foto Zaidan masuk ember. Lucunya. Untuk komunitas, saya sempatkan datang di acara Breastfeeding Fair yang diadakan oleh AIMI ASI. Masih untuk komunitas, saya mencoba turut berkontribusi di planet python dengan menulis kopdar python Indonesia.

Juni 2012
Di bulan Juni, Zaidan sempat sakit. Saya dan istri diberikan PR oleh dokter, bukan obat. Oh di bulan Juni saya menjadi pembicara di IDSECCONF 2012 di Makassar. Karena menjadi tetangga Soleh Solihun, saya jadi membaca bukunya, dan lantas menulis soal jurnalis musik

Wah, ternyata sudah panjang juga. Kalau begitu nanti dibuat kaleidoskop paruh tahun kedua saja deh.

Waktu memang tak terasa berlalu.

Satu pemikiran pada “Kaleidoskop 2012

Tinggalkan Balasan

