Kelas Offline Jasakom

Yaiks, sekarang sudah bulan Februari 2013 dan saya belum bercerita soal Kelas Offline Jasakom.

Di akhir bulan November 2012 lalu, saya mengikuti acara komunitas Jasakom. Kelas Offline Jasakom (KOJ), begitu namanya, ini diadakan di kampus Universitas Nasional, daerah Pejaten. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh, dan kebetulan saya sedang ada waktu kosong, jadilah saya putuskan untuk mengikuti acara ini.

Saya hanya bisa mengikuti satu hari acara ini, yaitu hari Sabtu sementara Minggu-nya saya tidak bisa. Jadilah saya tidak kembali bertemu, Om Hero, yang figurnya cukup dikenal di kalangan anak-anak echo.

Saya tiba di Unas, sekitar pukul 9 kurang. Tiba-tiba ban mobil saya kempes, jadilah harus mengganti dulu dengan ban serep dan mencari tukang tambal ban.

peserta kelas offline jasakom
peserta kelas offline jasakom

Acara dibuka oleh Azis Muslim, koordinator KOJ. Azis berharap acara ini dapat diikuti peserta sungguh-sungguh dan tidak berlalu begitu saja. Oleh karena itu dalam acara ini diberikan materi pre-test dan post-test, untuk melihat sejauh mana perkembangan materi yang diterima para peserta.

rizki wicaksono
rizki wicaksono

Sesi pertama diisi oleh Rizki Wicaksono, yang dikenal juga sebagai penulis dari situs ilmuhacking.com. Rizki fokus pada keamanan aplikasi web. Materinya bersifat agnostik akan bahasa pemrograman. Jadi yang diberikan adalah konsep-konsep umum.

Satu yang menarik dari sesi Rizki adalah analogi sederhana saat ingin menjelaskan SQL injection. Rizki memberikan secarik kertas kepada semua peserta yang berisi surat perintah Jenderal Naga Bonar. Dalam surat perintah ini ada baris kosong yang harus diisi peserta. Tantangannya adalah bagaimana agar pembaca surat perintah ini mengeksekusi perintah yang seharusnya tidak dieksekusi.

Belakangan saya temukan konsep penjelasan SQL injection tanpa jargon teknis ini di stackoverflow. Rizki menyediakan hadiah untuk tantangan ini, tapi sayang tidak ada yang bisa memecahkan tantangan ini.

digit oktavianto
digit oktavianto

Lalu usai makan siang, Digit Oktavianto menjadi pemateri kedua. Digit membawakan materi malware analysis. Haduh, ini bidang yang termasuk baru juga bagi saya. Jadilah saya mempelajari beberapa istilah baru. Di sesi ini Digit memberikan pre-test. Saat sesi Rizki, sepertinya Rizki terlupa memberikan pre-test. Digit menuliskan sesinya dalam blognya.

Sayang saya tidak bisa mengikuti sesi Digit hingga akhir karena harus pergi. Hal yang menarik di sesi Digit adalah karena yang menjadi obyek adalah malware, jadi jangan sembarangan mengeksekusi. Digit membagikan beberapa sample malware kepada para peserta untuk kemudian dilakukan analisis bersama sebagai bahan pembelajaran.

Sesi hari Minggu ada yang mau melanjutkan ceritanya?😉

Tinggalkan Balasan

