Mengapa Podcast

Kemarin, saya menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam untuk menempuh perjalanan Jakarta – Bandung lalu kembali lagi ke Jakarta. Lalu, apa yang dilakukan selama perjalanan tersebut?

Sebelum menjawab secara praktis, saya ingin bercerita tentang pengalaman di pesawat dalam sebuah perjalanan lintas benua beberapa waktu lampau. Di sebelah kanan saya duduk sebuah keluarga kecil. Bapak, Ibu beserta dua orang anaknya. Anak yang besar membawa novel sementara anak yang kecil sibuk mengeluarkan sesuatu dari tasnya.

Ternyata ia mengeluarkan buku tulis beserta buku pelajaran dan tentu alat tulis. Kedua orang tuanya membantu si kecil mengeluarkan meja lipat pesawat. Anak kecil ini mengerjakan PR selama menunggu pesawat siap lepas landas. Baru saat pramugari mengatakan saatnya menegakkan kursi dan mengenakan sabuk pengaman, meja lipat ini dilipat.

Ini adalah salah satu observasi saya dari sekian observasi saat menunggu selama perjalanan.

Kembali ke judul, ternyata jawaban teman selama perjalanan naik travel Jakarta – Bandung – Jakarta yang paling nyaman adalah podcast. Kesimpulan ini saya tarik setelah kemarin saya mencoba membaca dan menonton video. Hasilnya tidak nyaman. Goncangan mobil travel terlalu keras, membuat mata harus bergerak-gerak mengikuti tablet. Memang di saat macet, goncangan jadi berkurang. Ya tapi tetap tidak nyaman juga sih. Belum lagi kalau malam hari. Cahaya tablet terlalu kontras dengan cahaya lingkungan sekitar sehingga membuat mata cepat lelah.

Jadi, tak ada yang salah dengan mencoba mulai mendokumentasikan suara kan? Podcast mampu mengisi ruang ini.

4 pemikiran pada “Mengapa Podcast

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s