Membaca Buku Hanya untuk Mereka yang Kaya…

Jakarta, kota metropolitan. Kota metropolitan tanpa transportasi publik massal yang memadai. Sudah cukup banyak yang bersumpah serapah kepada kota ini.

Kota yang merenggut waktu. Hingga memaksa penduduknya selalu terburu-buru. Setiap detik, setiap menit. Setiap waktu. Hingga penduduk kota ini lupa, bahwa hakikat kehidupan adalah waktu itu sendiri.

Hingga buru-buru mencuri waktu.

Membaca buku hanya untuk mereka yang kaya dengan waktu luang

Sekian untuk pengantarnya. Kamis kemarin saya kembali buku. Ada banyak buku yang sebenarnya menarik perhatian saya, hingga saya teringat masih ada beberapa buku yang belum saya baca di rumah. Komik Donal Bebek edisi Nostalgia, dan cerita AA Navis, yang terkenal dengan novel Robohnya Surau Kami.

Buku yang saya beli kali ini lebih tepatnya berupa komik. Komik Benny, yang sebelumnya sempat terkenal dengan Benny & Mice, kolaborasi dengan Mice.

Yang saya suka dari komik mereka adalah kepandaiannya menangkap fenomena sosial yang terjadi di sekitar kita, memvisualisasikan, hingga tak sadar sebenarnya kita sedang menertawai diri sendiri.

Edisi yang saya beli kali ini adalah Edisi Tiga Manula, Pulang ke Pantura. Sang tiga manula menempuh jalur darat dari Jakarta, mencari desa Tingal. Hingga akhir cerita ternyata desa Tingal tak kunjung ditemukan.

Sedikit-banyak, saya jadi bernostalgia dengan suasana pantura. Kota demi kota yang dilalui. Benny bahkan menampilkan tempat-tempat makan khas di setiap daerah.

Tak terlupa, SPBU di Tegal yang menyediakan toilet terbanyak dan terbersih. 67 toilet!

5 pemikiran pada “Membaca Buku Hanya untuk Mereka yang Kaya…

    1. Sebenarnya itu respon dari temanku di Surabaya via twitter, Ndo.

      Kalau mau membaca tapi tangan harus berpegangan di Transjakarta, gimana Ndo?😀

Tinggalkan Balasan

