Pentingnya Interaksi Langsung

OK. Sekarang zaman Internet. Informasi bisa bergerak begitu cepat, tak peduli kita berada di belahan dunia mana, asalkan tersambung dengan Internet (yang cepat).

Tidak lagi tulisan, tapi sudah bisa gambar hingga video lengkap dengan suara. Semuanya bisa bergerak begitu cepat. Lintas batas, ruang, waktu.

Lantas mengapa Marissa Meyer, CEO Yahoo, mengumumkan kebijakan bekerja dari rumah tidak lagi berlaku?

Marissa menjawab, “… Karena dari interaksi langsung, obrolan di pantry kantor, antar cubicle, ide-ide cemerlang dan liar hadir. Saat interaksi langsung terjadi, kreativitas bisa lebih cepat tercipta. Kita bisa tahu langsung apa yang sedang lawan bicara lakukan dan emosi bisa lebih tersalurkan.”

Pertanyaan dan jawaban ini saya kutip saja secara bebas dari berita Marissa Mayer.

Tentu saja ada pro dan kontra dari kebijakan ini. Kali ini saya akan berpihak pada Marissa.

Memang, Internet bisa menghadirkan informasi, tapi bagi saya Internet tidak bisa menghadirkan emosi. Ok, saya kompromi. Bisa menghadirkan emosi tapi takkan pernah sempurna.

Saya jadi teringat diskusi dengan teman-teman saya. Kala itu salah seorang teman saya bertanya, apa sih pentingnya dari acara seperti konferensi?

Jawaban saya kala itu jelas: interaksi.

Materi presentasi bisa diunggah lalu dibaca sendiri. Bahkan kalau ada rekaman videonya, kita bisa nonton sesi konferensi tanpa harus hadir langsung.

… tapi, takkan ada yang bisa mengalahkan emosi dari interaksi langsung.

Tinggalkan Balasan

