Tanpa Pembantu

Tak terasa, sudah lama juga kami hidup berkeluarga tanpa pembantu. Ada suka dan tentu ada lelah. Tapi tentu ada kebahagiaan di setiap waktunya.

Hidup tanpa pembantu berarti adalah hari-hari saat tidur larut malam dan bangun di pagi hari. Saat terjaga sudah ada beberapa pekerjaan terlintas di otak.

Beberapa ya, bukan hanya satu. Dan saya pun suka terbawa cara pikir engineer bagaimana melakukan beberapa pekerjaan tersebut. Khususnya pekerjaan yang sifatnya sequential. ataupun pekerjaan yang bisa dilakukan secara paralel.

Contoh pekerjaan yang perlu dilakukan berurutan adalah mencuci dan menjemur. Saya berusaha agar mencuci dilakukan di luar pukul 17-22. Menghindari waktu beban puncak, begitu kata PLN. Jadi lah saya men-set waktu mesin cuci untuk menyala di pukul 2 atau 3 pagi yang akan selesai kurang lebih pukul 5 atau 6 pagi. Jadi sebelum mandi pagi, jemur pakaian dulu.

Pekerjaan yang saya lakukan paralel biasanya adalah menyiram tanaman dengan sesuatu hal lain. Jadi selang saya tinggal mengucur pada titik tertentu di halaman selama t waktu, sambil saya mengerjakan sesuatu hal lain ini, lalu kembali lagi ke halaman memindahkan posisi selang.

Dari pengalaman, waktu yang paling sulit adalah waktu untuk menyetrika. Sejak SMA dulu, saya sudah berpikir, bagaimana menciptakan baju yang tidak perlu disetrika.

Menyetrika kemeja dan celana panjang. Ini yang sulit. Kalau kaos sih bisa cepat.

Hidup tanpa pembantu berarti berada di rumah serasa berada di dunia yang penghuninya hanya keluarga sendiri. Bisa bebas bernyanyi, lompat-lompat, dan obrol apapun. Tak perlu sungkan. Tak perlu memikirkan menyiapkan makan bagi pembantu.

Privasi milik sendiri.

7 pemikiran pada “Tanpa Pembantu

    1. Wah tanpa pembantu juga Win? Kalau kehidupan orang-orang dk pada umumnya bagaimana? Pada pakai pembantu atau tidak?

      Atau kalau di sana, pembantunya berupa mesin dan transportasi publik yang layak?πŸ˜‰

      1. iya zak,skrg tanpa pembantu. klo di dk dulu mana ada pembantu, klo g kaya banget ya g bisa.tarifnya jam2an.

        memang hrs segera ditemukan itu mesin setrika ya zak..hehehehe…

  1. ikut comment ya, pengalaman nih kalo pas ga ada pembantu, nyetrika nya malam, di kamar pake ac, skalian nemenin anak ku bobo malam, semua lampu di matikan, kec di kmr itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s