Akhirnya Menamatkan Gober Bebek – Don Rosa

Akhirnya saya selesai juga membaca komik Gober Bebek edisi nostalgia karya Don Rosa. Wah, gak nyesel deh baca sampai tamat buku ini.

Awalnya saya sempat berencana membeli buku ini. Cukup mahal juga untuk ukuran buku (atau kumpulan komik). Harganya, Rp 150 ribu. Saat saya mau beli, eh malah tak ada lagi di toko buku. Jadilah saya pinjam dari teman saya.

Toh buku itu tak harus selalu dimiliki kan.

Komik ini bercerita dari awal sejarah Gober Bebek. Bagaimana ia dari kecil, tumbuh di Skotlandia. Bagaimana ia mendapatkan keping pertamanya dari pekerjaan menyemir sepatu. Lalu Gober remaja pergi merantau ke Amerika Serikat.

Dikisahkanlah berbagai petualangannya di Amerika Serikat. Mulai dari kejar-kejaran dengan koboi. bertemu dengan gerombolan Siberat, hingga berburu emas saat Amerika Serikat sedang mengalami gold rush. Cerita tidak hanya di Amerika Serikat, tapi Gober berkeliling dunia. Mulai dari Afrika, Eropa hingga Australia.

Komik ini bagi saya menceritakan banyak hikmah. Yang pertama adalah kerja keras. Diceritakan Gober bisa menumpuk uang segitu banyak dalam gudang uang bukan dari sesuatu yang instan, tapi dari kerja keras. Sedikit demi sedikit ia mengumpulkan uang. Ia berbisnis, mencari emas, dan mengambil risiko.

Kedua, soal kejujuran. Pada salah satu episode, dikisahkan Gober mengeluh, mengapa ia tidak boleh mengambil jalan pintas (baca curang). Sekalinya ia berlaku curang, ia ditinggalkan langsung oleh kedua saudara perempuannya. Gober dikirimkan Zombie oleh orang yang dicurangi.

Ketiga, ini sih tidak terlalu penting, petualangan. Ah, jadi semakin ingin merasakan hidup di berbagai belahan dunia. Atau paling tidak berkunjung walau hanya sesaat. Semoga ada kesempatan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s