Susahnya Bertanya

Sejak zaman Internet, definisi orang pintar berubah. Orang pintar adalah orang yang minum tolak angin orang yang bisa bertanya.

Bertanya ini ternyata tidak mudah. Coba saja.

Belum lama ini, saya sedang mengalami masalah. Saya sedang mencari cara bagaimana cara meng-ekstrak aplikasi yang ter-install pada perangkat Blackberry. Saya membutuhkan binary aplikasi ini untuk melakukan static analysis.

Yang ada dalam pikiran saya kala itu adalah memanfaatkan forum stackoverflow yang fokus pada bidang security yaitu security.stackexchange.com. Saya pun menuliskan pertanyaan saya di situs ini.

Tak lama kemudian, muncul notifikasi. Karma saya diturunkan. Esoknya, admin aplikasi menghapus pertanyaan saya karena mengganggap pertanyaan saya disensor, eh alias saya lupa detailnya. Berharap akan jawaban, yang datang malah teguran dan pertanyaan yang dihapus.

Pendek cerita, pertanyaan yang saya tuliskan adalah pertanyaan buruk. Memang, saat saya menulis pertanyaan ini, otak saya sedang tidak terlalu sistematis. Tidak jelas, apa tujuan saya bertanya. Terminologi yang saya gunakan saya rasa terlalu banyak. Yang static analysis lah, yang dynamic analysis lah. Saya juga menulis terburu-buru. Tidak saya rapikan betul-betul.

Yap, satu hari pelajaran lagi…

Tinggalkan Balasan

