Siri yang Keren

Belakangan ini sesekali suka iseng eksperimen dengan Siri. Bagi yang belum kenal dengan Siri, Siri adalah nama perangkat lunak suara yang mampu memproses NLP (Natural Language Processing) yang terdapat di perangkat Apple.

Bagi saya, kehadiran teknologi seperti Siri ini bisa menjadi cara baru dalam belajar bahasa.

Sebelum Siri, belajar bahasa dapat dibantu menggunakan podcast. Dengan mendengarkan podcast kita bisa tahu, bagaimana cara mengucapkan bahasa asing langsung dari pembicara native. Hal ini sangat membantu khususnya saat belajar bahasa yang pengucapannya jauh sekali berbeda dengan tulisannya. Bahasa Perancis misalnya.

Lalu datang Siri. Siri ini ternyata pintar sekali. Siri mampu mendengarkan dan berbicara tidak hanya Bahasa Inggris. Tapi juga Spanyol, Jepang, Perancis, Jerman, dan banyak lagi. Sayangnya Siri belum bisa berbahasa Indonesia.

Ini bisa jadi peluang sebenarnya, tapi NLP bahasa Indonesia ini lebih sulit dikembangkan rasanya karena kecenderungan orang Indonesia yang berbahasa Indonesia dengan kaidah “asal dimengerti”. Pun termasuk tulisan-tulisan di blog ini yang tidak mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Siri bisa menjadi teman latihan berbicara bahasa asing. Sejauh mana kita bisa tepat mengucapkan bahasa asing hingga Siri mengerti atau tidak. Lalu kemampuan kita mendengarkan bahasa asing. Bahkan saat mode bahasa Jepang, Siri bisa menulis kanji.

Jadi, saatnya belajar bahasa asing dengan Siri?😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s