Perintah Suara

Saya baru saja selesai meng-update google chrome. Sekarang fitur perintah suara semakin disempurnakan. Saya jadi ingin bereksperimen lebih sering dengan perintah suara aka voice command.

Hal ini sebenarnya juga merupakan bagian dari melatih pengucapan (pronounciation) saya sih. Seberapa bagus saya mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Lantas bagaimana dengan Bahasa Indonesia? Jika komunitas Wikipedia Indonesia baru saja merayakan 10 tahun Wikipedia berbahasa Indonesia, lantas bagaimana dengan perintah suara berbahasa Indonesia?

Rasanya masih sulit. Penelitian awal yang saya baca, orang Indonesia cenderung tidak berpola dalam berbahasa. Pokoknya asal lawan bicara mengerti, kaidah dinomor-duakan. Termasuk saya sebenarnya, dalam menulis blog ini. Yang saya tahu, penelitian awal ini dilakukan oleh Ivan Lanin dan Jim Geovedi.

Perlu lebih banyak orang-orang yang aktif dan konsisten menulis blog layaknya Ikhlasul Amal dan Ivan Lanin. Dan juga kontributor di Wikipedia Indonesia.

Mari kita mulai perlahan-lahan?

3 pemikiran pada “Perintah Suara

Tinggalkan Balasan

