Bersikap Muda

Menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan. Lantas bagaimana dengan tetap muda?

Muda adalah semangat, tua adalah kemapanan. Muda adalah petualangan, tua adalah kestabilan. Muda adalah inovasi, tua adalah pengulangan. Muda terbuka terhadap perubahan, tua adalah menutup diri. Muda adalah jeans dan kaos, tua adalah celana bahan dan kemeja. Muda adalah ambisi, tua dewasa adalah bijak.

Banyak orang menjadi tua sebelum waktunya. Padahal umurnya masih muda. Saat saya melihat anak muda (hadeuh, memang saya tua?), yang pintar, yang semangat, saya suka tersenyum. Ada potensi besar yang dimiliki orang ini. Sebaliknya, saat saya melihat anak muda yang terlalu banyak bercanda (bukan berarti saya tidak suka bercanda, tapi kalau terlalu banyak rasanya menggelikan), bermain terus menerus, tidak melihat dunia luar, tidak ada semangat belajar, perasaan optimis saya jadi hilang. Ingin rasanya membangkitkan semangat mereka, tapi gimana? Dari mereka sendiri tak ada kesadaran.

Kalau saya lihat orang tua yang terus belajar, saya salut akan konsistensinya. Orang tua seperti ini pengalamannya bagaikan air laut. Pengalaman yang tak bisa didapatkan dari buku, melainkan hanya dari kehidupan langsung.

Perbedaan generasi saya lihat juga jadi sesuatu yang menarik. Seseorang dengan anak yang bersiap masuk sekolah SMP atau SMA, tentu akan berbeda pola pikirnya dengan seorang bujang yang lagi asyik-asyiknya pacaran. Kedua orang ini tentu bisa berkomunikasi, tapi irisannya sedikit.

Saat ini saya sedang menjabat amanah di lingkungan rumah. Untungnya pengurus ini generasi muda, sehingga becandaan kami masih nyambung. Kalau ada generasi tua yang ikut jadi pengurus, nah ini jadi sulit. Kecuali generasi tua ini masih berjiwa muda.

Nah, pertanyaan untuk blog kali ini adalah, bagaimana caranya menjaga agar tetap berjiwa muda?

Tinggalkan Balasan

