Membuka Youtube

Saya masih ingat betul.

Dulu, saat youtube baru lahir, membuka video 3 menit di youtube berarti adalah 2 jam buffering. Ini adalah saat-saat masih menjadi mahasiswa. Saat youtube masih berupa start-up, belum dibeli oleh Google. Saat membuka youtube, yang saya lihat adalah teks keterangan dari video tersebut. Videonya takkan saya lihat, kecuali ada teman yang sudah mengunduh.

Namun kini, semua berubah.

Membuka youtube pun bisa dilakukan dari tablet, memanfaatkan koneksi 3/3.5G dari operator seluler. Jikapun ada buffer, takkan lama.

Youtube sekarang sudah dibeli Google. Ditulis ulang. Ada Python-nya lho! Fitur-fiturnya sudah begitu canggih. Image per satuan waktu bisa di-freeze, hingga kita bisa lihat bentuk thumbnail dari frame pada t tertentu. Lalu ada lagi fitur transkripsi. Youtube bisa mem-parsing suara yang ada di video lalu menjadikannya dalam format teks.

Youtube sekarang sudah dibeli Google. Pada video populer akan muncul iklan.

Teknologi sudah sedemikian canggih. Datang lagi fitur SIRI. Saya baru tahu kepanjangan dari SIRI setelah menonton video ini. Speech Interpretation and Recognition Interface. Salah satu video dari Konferensi Python Asia-Pasifik.

Bagaimana 10 tahun lagi, saat generasi anak saya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s