Algoritma Popularitas

Gambar di atas merupakan tangkapan layar saat saya membaca “sarapan” koran saya, yaitu feedly, agregat blog. Seperti sudah pernah saya ungkapkan, bagi saya lebih menarik membaca blog orang lain dibandingkan membaca berita mainstream. Sebelumnya saya menggunakan google-reader, namun semenjak google mengumumkan akan mematikan layanan google-reader saya mulai mencoba membaca feedly.

Ternyata tulisan saya soal kopdar Python Sabtu ini, dianggap populer oleh feedly. Terlihat kan dari gambar di atas? Ada 100 loves untuk tulisan saya. Tulisan di blog ini dengan tag python-en saya ikutkan di http://planet.python.org.

Saat sore saya coba akses feedly lagi, ternyata tulisan saya sudah tidak jadi tulisan populer lagi. Nah algoritma popularitas ini jadi menarik.

Bagaimana sih algoritma-nya? Berapa sih batasan waktunya? Twitter dulu begitu menarik karena ada fitur trending topics. Belakangan layanan media sosial lain seperti g+ mulai melengkapi dengan fitur ini juga.

Data analysis menjadi sesuatu yang seksi sekarang. Data sudah melimpah. Big data. Sekarang yang menantang adalah bagaimana melakukan analisis dari big data ini.

Saya baru sempat menonton 1/3 dari pembicara kunci konferensi python Singapura oleh Wes McKinney. Wah, menarik euy. Ia menggunakan ipython notebook untuk menunjukkan bagaimana menganalisis data dari stackoverflow.com

Sekarang saya membayangkan. Saya akan menggunakan data analyzer dengan algoritma tertentu, untuk menganalisis mereka yang saya ikuti di twitter. Apa sih yang sedang mereka bicarakan. Apa sih yang menarik saat ini, pekan ini, bulan ini, bulan kemarin, dst.

Dan informasi ini bisa saya dapatkan tanpa saya harus membaca twit mereka satu per satu. Cukup membaca hasil data analyzer ini.

3 pemikiran pada “Algoritma Popularitas

Tinggalkan Balasan

