Instavideo!

Instagram telah meluncurkan satu fitur baru. Kalau dulu pengguna hanya bisa mengunggah foto, sekarang pengguna bisa menggunggah video dengan durasi maksimal 15 detik.

Saya melihat ini merupakan inovasi yang cukup keren. Tentu mereka sudah melakukan riset jauh-jauh hari sebelum meluncurkan fitur ini. Yang saya tahu, sebelum instagram meluncurkan fitur ini, sudah ada layanan serupa yaitu vine.

Ya, tapi barangkali nama instagram lebih besar, efek fitur baru ini menjadi lebih dahsyat pada instagram.

Fitur baru ini keren, karena banyak hal. Coba saya tulis satu persatu. Image processing video dan foto tentu berbeda. Tapi apakah ilmu dasarnya sama? Hmm… harus buka buku teks dulu sih untuk pastinya.

Video yang di-upload bisa dibuat image per waktu tertentu. Dibuat thumbnailsnya. Sigh, rasanya fitur canggih ini sudah semakin umum. Coba, bagaimana algoritma mencuplik video (gambar bergerak) menjadi gambar per satuan waktu tertentu.

Lalu, kecepatan. Entah Internet yang sudah semakin cepat, kini mengunggah video pun bisa cepat. Zaman dulu, boro-boro mau unggah video, unduh video saja rasanya berabad-abad lamanya. Apa karena sekarang sudah ada teknologi HTML5? Bisa juga.

Lalu, ini yang menjadi nilai khas instagram, instagram akan memproses video yang kita unggah dengan filter! Jiaaah… gimana lagi ini caranya. Apakah filter ini diproses di smartphone atau di server instagram?

Dari fitur baru instagram ini, saya jadi berpikir, untuk membuat laporan dalam bentuk video. Hihihi instagram saja ada fitur video, masak laporan masih terus berupa tulisan narasi😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s