Eulogi Arif Wicaksono aka @sakitjiwa

“Wah Zaki ini dong hebat, 2 tahun berturut-turut papernya masuk”

“Ini kembalian airport tax. Makasih ya!”

“Nah setelah dapat isi paketnya, satu langkah lagi gue mentok”

Itulah sedikit kutipan lepas percakapan saya dengan Arif Wicaksono atau yang lebih dikenal dengan twitter handle name-nya @sakitjiwa. Sosok yang sangat ternama di kalangan komunitas security di Indonesia.

Setiap ada teman sebaya saya yang meninggal, saya selalu teringat bahwa mereka yang mati muda adalah mereka yang baik. The goods die young.

Saya kenal dan berinteraksi langsung dengan Arif dalam acara IDSECCONF di tahun 2011 dan tahun 2012. Di tahun 2013 saya tak menghadiri IDSECCONF. Dari obrolan dengan teman-teman, Arif masih sehat-sehat saja dalam IDSECCONF 2013.

Hingga kemudian saya membaca dari lini masa teman-teman di Facebook bahwa Arif sakit. Esok harinya, saya masih membaca lini masa mengatakan Arif sakit. Pada hari Selasa 23 Juli, saya ke Roni, Roni sakit apa. Sakit meningitis. Hingga esok harinya, saya mendapat kabar bahwa Arif meninggal dunia.

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un…

Arif yang saya kenal adalah sosok yang rendah diri. Tak suka pamer. Kocak. Kicauannya di twitter lucu-lucu. Kreatif. Out of the box.

Selain di IDSECCONF, 2 kali saya bertemu juga di acara HiTZ komunitas echo. Arif datang dengan celana pendek dan terlihat sangat santai sekali. Seolah hidupnya begitu lepas.

Suatu waktu saya membaca liputan tentang komunitas RNDC. Siapa sangka ada Arif di belakangnya. Berikut saya unggah liputan RNDC di Majalah PC Plus.

Berikut ini saya embed dua video IDSECCONF 2012, saat Arif menjadi salah satu panelis.

Terinspirasi dari eulogi John Hunter – matplotlib python, saya kira yang lebih disukai Arif adalah meneruskan semangat berbagi, berkontribusi dan membangun komunitas.

Selamat jalan Arif…

5 pemikiran pada “Eulogi Arif Wicaksono aka @sakitjiwa

  1. turut berduka ya atas kepergian mas Arif. Moga beliau tenang di alam sana dan keluarga ditinggalkan diberi ketabahan menghadapi semua cobaan ini.

Tinggalkan Balasan

