Pegawai Negeri Tidak Boleh Kaya?

Pegawai negeri tidak boleh kaya?

Ok, jika tidak boleh kaya, apakah boleh hidup layak? Nah nanti layak ini akan menjadi relatif juga sih. Seberapa sih hidup layak itu? Punya rumah tipe 70 dengan mobil Xenia atau punya rumah di Taman Suropati dengan sepeda gunung? Eh yang belakangan itu mimpi saya pribadi. Hehehe.

Kejadian gratifikasi Selasa kemarin sontak menghebohkan orang-orang di lingkaran saya. Kebetulan saya tidak mengenal langsung sosok Rudi Rubiandini ini. Errr apa jangan-jangan saya pernah mewawancarai ybs di kampus dulu ya? Ah lupa.

Saat saya baca buku soal Singapura, penulisnya yang berasal dari Indonesia, menuturkan bahwa pegawai negeri di Singapura digaji tinggi. Alasannya? Pemerintah Singapura tidak ingin memiliki SDM kelas dua. Mereka ingin punya SDM yang terbaik. Jadilah putra-putri terbaik Singapura masuk ke dunia pemerintah.

Bagaimana dengan Indonesia? Sosok pegawai negeri selama ini diidentikkan dengan pengabdian dan gaji secukupnya. Malah waktu kuliah dulu, teman saya pernah berteori mengapa guru diberi istilah pahlawan tanpa tanda jasa? Karena memang pemerintah tidak mau menghargai guru.

Lantas, apakah jika gaji dinaikkan semua akan otomatis berubah lebih baik? Saya pikir gak juga.

Ada satu pendapat teman saya yang menurut saya cukup bagus. Barangkali karena fasilitas publik yang tak pernah memadai yang memaksa kita, penduduk Indonesia, lantas kehilangan kesabaran, dan menempuh jalan singkat untuk memperkaya diri sendiri.

Coba bila ada transportasi publik yang baik, kita takkan berlomba-lomba memiliki kendaraan pribadi kan?

Satu pemikiran pada “Pegawai Negeri Tidak Boleh Kaya?

  1. yup kalo jakarta ada MRT ngapain pake mobil, pake mobil mah gk enak di jakarta macet banget.. yaa itulah perbedaanya indonesia dengan singapura..

Tinggalkan Balasan

