Apa Gunanya Membaca?

Otak bukanlah ember yang harus diisi melainkan lilin yang harus dinyalakan

Walau sebenarnya analogi ini tidak tepat-tepat amat, tapi semoga bisa didapatkan poin yang ingin saya sampaikan. Teman saya yang protes dengan analogi ini karena lilin yang menyala akan menghabiskan dirinya sendiri.

Kembali ke judul.

Jadi apakah guna membaca?

Apakah membaca akan menghilangkan kemiskinan? Apakah membaca akan membuat kita lebih bahagia? Apakah membaca akan membuat dunia terbebas dari permasalahan?

Ataukah membaca ini sebenarnya hanya pelarian pembacanya dari dunia nyata yang kelam?

Saat saya kuliah dulu, saya pragmatis. Saya membeli buku dengan harapan akan membuat tulisan saya semakin berbobot dan itu berarti semakin besar kemungkinan tulisan saya dimuat di media massa. Dan ini berarti saya dapat honor. Lalu sebagian dari honor ini saya sisihkan untuk beli buku baru. Sebagian lainnya untuk ditabung atau untuk senang-senang.

Kalau kamu membaca untuk apa?

Satu pemikiran pada “Apa Gunanya Membaca?

Tinggalkan Balasan

