Mendelegasikan Pekerjaan

Hari ini telah hampir berlalu. Fyuh, hari ini menjadi salah satu hari yang melelahkan. Dimulai dengan rapat di pagi hari, lanjut kembali rapat di siang hari, dan sore hari.

Rapat terus, kapan kerjanya?

Yup, saya sebenarnya cenderung tidak suka dengan rapat yang lama. Coba cari lagi video TED bagaimana sebenarnya rapat itu menghabiskan waktu. Rapat 1 jam dengan 4 orang bukan berarti hanya 1 jam yang terpakai tapi sebenarnya 4 jam.

Hari ini sebenarnya banyak hal-hal berlalu lalang di otak, tapi entah mengapa jadi ini judul yang saya tulis. Saya baca kolom Rhenald Kasali soal sosok rektor yang kebanyakan sekarang hanyalah rektor administratif. Lalu saya juga masih ingin menulis soal konsistensi, komunitas, perbedaan budaya & pola pikir, dll. Baiklah, saya coba tulis hal yang sesuai dengan judul tulisan ini.

Dalam dunia nyata, kita akan berinteraksi dengan banyak orang. Beragam orang. Dalam dunia kerja pun kita punya atasan langsung, direktur, dan juga rekan.

Perlu disadari bahwa kita tidak akan bisa menyelesaikan semua pekerjaan sendiri. Seorang pada tingkat menengah (tingkat manajerial) akan belajar bagaimana mengelola sumber daya. Baik sumber daya manusia, waktu, dan tentu uang. Seorang manajer proyek perlu mengetahui segitiga manajemen proyek.

Mau tak mau kita harus belajar mendelegasikan pekerjaan. Memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan (yang sebenarnya pun bisa kita selesaikan sendiri). Ya, biarpun kita bisa selesaikan sendiri, tapi kita jangan selesaikan sendiri. Ada kalanya perlu kita delegasikan, karena bisa jadi ada pekerjaan lain yang lebih penting dan lebih sulit yang perlu kita selesaikan.

Memberikan kepercayaan ini sulit. Mengarahkan juga tidak mudah. Mengontrol juga perlu perlu belajar. Dan yang terakhir kita pun harus mengapresiasi sebaik/seburuk pekerjaan dari orang yang kita delegasikan pekerjaan ini.

Malam sudah semakin larut. Sebenarnya saya bisa melanjutkan pekerjaan, tapi saya pikir saya akan baca cerpen saja malam ini…

Tinggalkan Balasan

