Melacak Perubahan

Sejak pertama kali berkenalan dengan git, saya jatuh cinta dengannya. Perasaan saya mengatakan, masa depan ada di git. Oleh karena itu saya mengajak yang muda-muda jangan menunda lagi untuk belajar git.

Saya sendiri belum seorang pakar git. Saya belum menguasai workflow dengan git dengan baik. Kolaborasi saya dengan git pun masih terbatas hanya dengan 1 atau 2 orang. Proyek yang dikerjakan pun sebenarnya masih bisa dibilang sederhana.

Kekuatan git yang saya rasakan betul adalah distributed. Saya bisa commit tanpa koneksi Internet. Bandingkan dengan svn yang selalu perlu tersambung ke server saat ingin commit.

Oh ya, bagi para pembaca setia blog ini (apa ada pembaca setia?) git dan svn adalah tool untuk melacak perubahan. Versioning, bahasa kerennya. Jadi setiap ada perubahan pada berkas, tool ini akan melacaknya. Apa saja perubahan yang dibuat, kapan dibuat, oleh siapa dilakukan: akan tercatat secara otomatis.

Sehingga kita tak perlu direpotkan dengan menyimpan file yang disertai nama versi-nya karena semua sudah dilakukan oleh versioning tool ini.

Karena sudah menikmati nyamannya versioning tool, pola pikir saya saat: menulis laporan, menyiapkan materi presentasi, dan menulis dokumentasi; akan selalu berpikir untuk menggunakan format dokumen yang bisa dilacak oleh versioning tool.

Saya jadi menghindari format office: doc, xls, dst. Karena format office sulit melacak perubahannya (bukan tidak bisa sih). Dan saya lebih sering membuka terminal daripada aplikasi office. Jika saya menggunakan format latex atau rst, yang saya butuhkan hanya vim.

Untuk tampilan akhir format latex dan rst yang fancy memang membutuhkan waktu untuk kustomisasi. Nah ini yang harusnya saya siapkan lebih dulu dengan template.

2 pemikiran pada “Melacak Perubahan

Tinggalkan Balasan

